Hotel Unik, Lantai 1 Di Prancis Lantai 2 Di Swiss

Diposkan oleh Bee Inspired pada Friday, October 10, 2014 - 6:51 AM

Hotel Arbez Franco-Suisse, atau yang biasa disebut Hotel Arbez merupakan salah satu hotel yang cukup populer di Eropa. Bukan faktor desain, makanan atau pelayanannya yang membuat hotel ini menjadi begitu terkenal. Selain karena faktor banyaknya pemain ski yang menjadikan tempat ini sebagai tempat favorit untuk menginap, hotel ini juga terkenal berkat keunikan dan keanehan letak bangunannya. Area lantai 1 dari hotel ini masuk ke wilayah Prancis, sedangkan lantai 2 masuk wilayah Swiss.

Hotel Unik, Lantai 1 Di Prancis Lantai 2 Di Swiss
Seperti dilansir dalam situs resmi mereka, Hotel Arbez berada di kawasan La Cure, sekitar 8 km arah utara Jenewa. Saat melihatnya pertama kali, hotel bintang dua ini terlihat biasa saja. Pemandangan sedikit berbeda baru bisa Anda saksikan saat Anda melihat bendera Swiss dan Prancis diletakkan bersama dalam sebuah ruangan dalam hotel tua berbahan kayu tersebut.

Sejarah berdirinya hotel unik ini dimulai pada sekitar tahun 1862. Pada saat itu pemerintah Swiss dan Prancis melakukan perundingan untuk melakukan perubahan terhadap garis batas kedua negara. Di tengah proses perundingan itu, seorang pengusaha bernama Monsieur Ponthus berusaha memanfaatkan momen tersebut. Ia mendirikan sebuah bangunan diatas sebidang tanah miliknya yang kebetulan berada di perbatasan kedua negara.

Bangunan itu kemudian digunakan Ponthus untuk membuka dua jenis usaha, bar di bagian Prancis, dan sebuah toko di bagian Swiss. Bangunan ini kemudian beralih fungsi menjadi sebuah hotel setelah pada tahun 1921 kepemilikannya berpindah kepada Jules-Jean Arbeze. Suasana cukup rumit pernah dialami oleh otel ini pada masa Perang Dunia II. Pada saat itu Prancis berhasil diduduki oleh Jerman, sedangkan Swiss memposisikan diri sebagai negara netral. Akibatnya tentara Nazi yang menguasai hotel ini hanya bisa berada memasuki wilayah hotel yang berada di Prancis dan tidak bisa memasuki area hotel yang terletak di Swiss.

Perbatasan negara memang membagi bangunan hotel ini dalam dua negara. Lantai satu yang menjadi area masuk hotel ini sebagian besarnya berada di kawasan Prancis, sementara tangga menuju lantai 2 dan sebagian besar area lantai 2 hotel ini berada di wilayah negara Swiss. Ada dua kamar di hotel ini yang akan memberikan Anda pengalaman tidur di dua negara sekaligus. Anda akan tidur dengan bagian kepala berada di Prancis, sementara kaki Anda berada di Swiss.

Punya tanggapan atas artikel diatas? Silahkan sampaikan melalui kolom komentar dibawah ini. Harap tidak memberikan komentar dengan kata-kata yang kasar, mengandung pornografi, atau mengandung unsur SARA.

Terimakasih untuk komentar yang Anda berikan.
Emoticons List

 
Copyright © 2014. Bee Inspired - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by Bee Inspired
Proudly powered by Blogger