Nasib Malang Bangunan Kembaran Taj Mahal

Diposkan oleh Bee Inspired pada Friday, November 14, 2014 - 10:12 AM

Salah satu bangunan bersejarah yang sangat terkenal di India adalah Taj Mahal. Bangunan luar biasa yang menjadi salah satu monumen cinta paling terkenal ini bahkan dianggap sebagai salah satu keajaiban dunia dan bangunan termegah yang pernah dibuat oleh manusia. Tapi tahukah Anda, ternyata di India bukan hanya ada satu buah Taj Mahal. Di India ada satu lagi bangunan yang menjadi kembaran Taj Mahal yang di beri nama Bibi Ka Maqbara. Namun sayangnya nasib bangunan ini tak seberuntung Taj Mahal yang kini menjadi landmark India.

Nasib Malang Bangunan Kembaran Taj Mahal
Bibi Ka Maqbara terletak di Aurangabad, Maharashtra, Dataran Tinggi Dekan. Bangunan ini dibuat atas permintaan dari penguasa dinasti yang sama, dan dengan arsitektur yang nyaris serupa dengan Taj Mahal. Kedua bangunan ini juga difungsikan sebagai kuburan yang menjadi simbol sebuah cinta. Kalau Taj Mahal dipersembahkan oleh Shah Jahan, raja Dinasti Mughal sebagai tanda cintanya kepada istri kesayangannya Mumtaz Mahal, maka Bibi Ka Maqbara dibuat oleh cucunya, Pangeran Azam Shah untuk mendiang ibunya, Ratu Dilras Banu.

Jika dilihat sekilas, siapapun pasti akan mengira jika Bibi Ka Maqbara adalah Taj Mahal. Hal ini bahkan membuat bangunan tersebut dikenal sebagai Taj-nya Dekan. Hanya saja jika diperhatikan lagi bangunan putih tersebut tampak tak secemerlang Taj Mahal. Kubah utamanya pun lebih kecil. Azam Shah memang ingin menjadikan Bibi Ka Maqbra sebagai bangunan yang mampu menandingi kemegahan Taj Mahal. Sayangnya saat pembangunan sedang dilaksanakan, dinasti yang dipimpinnya sudah tak sejaya saat dipimpin oleh leluhurnya sehingga tak mempunyai kekayaan sebesar leluhurnya itu.

Tak seperti Taj Mahal yang hampir keseluruhan bangunannya dibuat dari pualam berkualitas, pada Bibi Ka Maqbara hanya kubah utamanya saja yang terbuat dari pualam. Itupun kecantikannya tak terlalu terlihat karena tak terawat sehingga tampak kusam dan tertutup lumut. Jika Taj Mahal menjadi bukti masa kejayaan Dinasti Mughal, maka Bibi Ka Maqbra dianggap sebagai saksi awal keruntuhan dinasti tersebut. Untungnya, meski Bibi Ka Maqbra kemasyurannya masih jauh dibawah Taj Mahal, bangunan ini tetap mampu menjadi salah satu obyek wisata yang terkenal di India.
Next
This is the current newest page

Punya tanggapan atas artikel diatas? Silahkan sampaikan melalui kolom komentar dibawah ini. Harap tidak memberikan komentar dengan kata-kata yang kasar, mengandung pornografi, atau mengandung unsur SARA.

Terimakasih untuk komentar yang Anda berikan.
Emoticons List

 
Copyright © 2014. Bee Inspired - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by Bee Inspired
Proudly powered by Blogger