Ini Penyebab Baterai Smartphone Bisa Meledak

Diposkan oleh Bee Inspired pada Friday, September 19, 2014 - 6:29 AM

Kita mungkin sudah beberapa kali mendengar tentang kejadian terbakar atau meledaknya sebuah smartphone. Selain karena terjadinya malfungsi pada perangkat smartphone, terbakar atau meledaknya sebuah smartphone dapat juga dipicu oleh meledaknya baterai pada smartphone. Dan meskipun berukuran relatif kecil, ledakan dari baterai smartphone mampu membahayakan penggunanya. Lantas, sebenarnya apakah yang menyebabkan baterai pada smartphone bisa meledak?

Ini Penyebab Baterai Smartphone Bisa Meledak

Jenis baterai yang umum digunakan pada smartphone adalah jenis baterai lithium-ion. Baterai jenis ini punya keunggulan dapat menyimpan lebih banyak daya karena tersusun atas elemen logam yang paling renggang serta memiliki ukuran relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis baterai lainnya. Sayangnya, dibalik keunggulan yang ditawarkannya, logam lithium yang dipakai dalam baterai tersebut dikenal sebagai salah satu unsur yang sangat reaktif alias mudah terbakar atau bahkan meledak.

Pada dasarnya, ledakan yang terjadi pada sebuah baterai lithium-ion dipicu oleh terjadinya hubunga arus pendek di dalam baterai. Arus pendek ini bisa dipicu oleh rusaknya lapisan pemisah antara lithium dan zat pelarut organik di dalam baterai, ketika pelapis tersebut rusak kedua elemen tersebut akan bercampur dan menimbulkan arus pendek. Salah satu hal yang bisa memicu rusaknya lapisan pemisah tersebut adalah jika baterai mengalami benturan yang cukup keras. Selain itu proses pengisian ulang daya dapat meningkatkan resiko meledaknya baterai akibat produksi panas yang terlampau tinggi alias overheat.

Untuk membuktikan hal tersebut, sebuah institut teknologi di Jepang baru saja merilis sebuah video yang menunjukkan bagaimana baterai smartphone meledak. Dalam video tersebut diperlihatkan sebuah baterai lithium-ion yang biasa dipakai di smartphone dirusak lapisan pemisah elemen di dalamnya dengan cara dipukul dengan sebuah palu. Untuk mempercepat terjadinya ledakkan, baterai itu lalu diberi paparan panas. Hasilnya pun bisa diduga, baterai tersebut meledak dengan cukup keras.

Untuk mencegah baterai smartphone Anda meledak berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

1. Simpan smartphone atau baterai smartpone Anda di tempat yang bersuhu normal dan jauh dari barang-barang yang menghasilkan panas. Selain itu pastikan tempat penyimpanan tersebut cukup aman untuk menghindarkan smartpnone menggalami benturan yang keras atau terjatuh.

2. Jangan menggunakan smartphone secara berlebihan. Jika smartphone Anda mulai terasa panas sebaiknya segera hentikan penggunaannya dan tunggu hingga suhu smartphone Anda hingga kembali normal sebelum menggunakannya lagi.

3. Usahakan untuk men-charge smartphone Anda sebelum baterai anda kehabisan daya atau smartphone benar-benar mati. Menurut penelitian, membiarkan baterai sampai kehabisan daya sebelum di-charge justru dapat merusak bagian dalam baterai dan menurunkan usia pemakaian baterai.

4. Jangan men-charge smartphone Anda terlalu lama apalagi hingga semalaman. Kebanyakan dari kita mungkin terbiasa meninggalkan smartphone dalam keadaan di-charge dalam waktu yang sangat lama bahkan hingga semalaman. Kebiasaan semacam ini akan membuat baterai menjadi sangat panas dan bisa merusak komponen di dalamnya.

5. Jangan menggunakan smartphone secara berlebihan, seperti bermain game, saat sedang melakukan pengisian pada baterai. Pada beberapa kejadian didapati fakta ada baterai smartphone yang mengalami cacat saat diproduksi. Pemakaian secara intens pada saat baterai sedang mengalami pengisian daya akan membuat baterai smartphone menjadi semakin panas dan dapat memicu terjadinya ledakan.

6. Jangan menggunakan alat charge selain alat charge yang benar-benar dikeluarkan atau disarankan oleh vendor smartphone Anda. Setiap smartphone memiliki spesifikasi alat charge yang berbeda, penggunaan alat charge yang tidak tepat mungkin akan menyebabkan terjadinya kelebihan daya pada smartphone Anda hingga memicu terjadinya ledakan.

Punya tanggapan atas artikel diatas? Silahkan sampaikan melalui kolom komentar dibawah ini. Harap tidak memberikan komentar dengan kata-kata yang kasar, mengandung pornografi, atau mengandung unsur SARA.

Terimakasih untuk komentar yang Anda berikan.
Emoticons List

 
Copyright © 2014. Bee Inspired - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by Bee Inspired
Proudly powered by Blogger