19 Hal Yang Pertama Kali Ada Di Internet

Diposkan oleh Bee Inspired pada Tuesday, September 16, 2014 - 8:29 AM

Setiap hal yang ada di dunia ini pasti memiliki sebuah awalan, tak terkecuali dengan internet. Sejak pertama kali ide pembuatan internet muncul pada 31 Mei 1961 oleh Leonard Kleinrock, berbagai hal baru yang berhubungan dengan internet terus bermunculan. Hal-hal tersebut pasti memiliki sesuatu yang menjadi awalan atau yang pertama, seperti email pertama, domain pertama, foto pertama, mesin pencari pertama dan yang lainnnya. Berikut ini berbagai hal yang dianggap mengawali berbagai hal yang kini umum kita gunakan atau temui di internet.

19 Hal Yang Pertama Kali Ada Di Internet
1. Domain Pertama

Domain pertama yang muncul di internet adalah Symbolics.com. Domain tersebut didaftarkan pada tanggal 15 Maret 1985 oleh sebuah perusahaan komputer bernama Symbolics yang sekarang sudah tidak ada lagi. Saat perusahaan Symbolics tersebut dalam kondisi sekarat, domain Symbolics.com ini lalu dibeli kepemilikannya oleh XF.com dengan harga yang kabarnya cukup fantastis.

2. Gambar Pertama

Gambar pertama yang dilaporkan berhasil diunggah dan muncul di internet adalah sebuah foto editan yang menampilkan 4 orang wanita dengan tulisan "Les Horribles Cernettes" diatasnya. Gambar ini diunggah oleh seorang programmer bernama Silvano de Gennaro yang bekerja di CERN, sebuah organisasi untuk penelitian nuklir Eropa yang terletak di Genewa, Swiss, yang sekaligus merupakan tempat di mana World Wide Web atau WWW pertama kali diciptakan oleh Berners-Lee. Foto tersebut merupakan hasil scanning foto dari sebuah pesta CERN.

3. Banner Iklan Pertama

Iklan pertama yang muncul di internet merupakan milik operator telekomunikasi AT&T. Ide serta kemunculan iklan di internet ini pertama kali menyeruak keluar di Hotwired.com pada bulan Oktober 1994 oleh seseorang yang bernama Joe McCambley. Meski awalnya banner iklan milik AT&T ini mendapatkan banyak sekali cemoohan dari berbagai pihak, saat ini iklan melalui internet justru menjadi salah satu jenis iklan yang dinilai sangat efisien.

4. Email Pertama

Saat ini sebagian besar dari penduduk di bumi pasti mengenal email. Sejak diciptakan oleh seorang programmer bernama Ray Tomlinson pada tahun 1971, email telah menjelma menjadi salah satu elemen penting dalam dunia internet. Sebelumnya pengiriman pesan elektronik memang sudah bisa dilakukan, namun terbatas pada komputer yang sama saja. Berkat struktur email yang dibuat oleh Tomlison, kita mampu mengirim pesan kepada komputer lain melalui jaringan internet. Email pertama yang berhasil terkirim adalah sebuah email kepada rekan kerja Tomlinson dengan tulisan, QWERTYUIOP.

5. Spam Pertama

Setelah kemunculan email, tak lama kemudian spam juga ikut muncul ke dunia internet. Spam pertama merupakan hasil dari ulah seorang marketing dari Digital Equipment Corporation, bernama Gary Thuerk pada tanggal 03 Mei 1978 dengan jumlah korban 398. Kiriman spam dalam format email ini mendapat kecaman dari berbagai pihak karena komputer juga jaringan internet pada tahun 1978 tidak secepat sekarang ini, jadi ketika sang korban membuka kiriman dari Gary tersebut, maka akan terjadi loading sangat lama, bahkan kabarnya juga berhasil membuat komputer di University of Utah dan Defense Communication Agency crash dan mati.

6. Mesin Pencari Pertama

Kita kini mungkin sangat familiar dengan berbagai mesin pencari canggih seperti Google dan Yahoo. Namun pada awal kemunculannya pada awal 1990-an, mesin pencari pertama yang diberi nama Archie hadir dengan segala keterbatasannya. Akibat keterbatasannya tersebut, mesin pencari yang diciptakan oleh 3 orang peneliti komputer yang bernama Alan Emtage, Bill Heelan dan J Peter Deutsch di McGill University, Montreal, Quebec, Kanada, ini hanya memberikan daftar kepada pencarian-pencarian berupa query-nya saja bukan pada konten setiap website seperti yang dilakukan oleh Google.

7. Blog Pertama

Blog merupakan sebuah istilah yang digunakan sebagai kependekan dari Web log atau weblog yang menjadi sangat populer sejak munculnya Blogger.com. Namun sebelum blog menjadi populer, seorang mahasiswa dari Swarthmore College bernama Justin Hall pada tahun 1994 membuat blog pertama di internet dengan nama Links.net. Saat itu Links.net masih belum dianggap sebuah blog atau juga sebuah website melainkan hanya sebuah homepage saja. Kata blog sendiri muncul sebagai atribut untuk seorang bernama Jorn Barger.

Weblog sendiri dipendekkan menjadi blog saja pada tahun 1999 oleh seorang programmer bernama Peter Merholz dan beberapa tahun setelahnya, Merriam-Webster memasukkan nama blog sebagai kata yang resmi dipakai di dunia.

8. Surat Kabar Onlie Pertama

Cikal bakal surat kabar online sekarang ini diciptakan oleh seseorang bernama Bruce Parrello di tahun 1974 dengan menggunakan sistem komputer PLATO di University of Illinois.

Sekitar tahun 1990 an, ratusan berita- berita disiarkan secara online di Amerika Serikat, sayangnya tidak begitu banyak diminati oleh masyarakat pada waktu itu dan surat kabar fisik atau koran dan majalah masih menjadi satu hal yang populer.

9. Forum Dan Jejaring Sosial Pertama

Ketika internet masih menjadi suatu hal yang langka dan tidak banyak orang yang dapat menggunakannya, sebuah sistem komputer bernama bulletin board system atau disingkat BBS dapat dikatakan sebagai forum sekaligus jejaring sosial pertama yang tercipta di internet.

Dengan menggunakan BBC, penggunanya dapat mengunggah atau mengunduh software atau data, membaca berita atau postingan member lain, berkomunikasi secara online atau bahkan bermain game dengan sesama anggota. Cikal bakal BBS sendiri dikembangkan oleh Ward Christensen dan Randy Suess sekitar tahun 1978-an.

10. Online Banking Pertama

Perusahaan perbankan pertama yang menawarkan layanan internet banking pertama kepada para konsumennya adalah Stanford Federal Credit Union pada bulan Oktober 1994 silam.

11. Situs E-commerce Pertama

Sebelum Amazon dan eBay seterkenal seperti sekarang ini, sebuah website dengan langkah bisnis yang serupa bernama NetMarket lebih dahulu muncul di internet.

12. Barang Pertama Yang Terjual Di eBay

Sebelum berganti nama menjadi eBay, situs ini awalnya memiliki nama AuctionWeb. Barang pertama yang terjual di website ini adalah sebuah pointer laser rusak yang terjual seharga USD 14,83 pada tahun 1995. Pointer laser rusak tersebut adalah milik sang pendiri eBay sendiri yaitu Pierre Omidyar.

13. Buku Pertama Yang Terjual Di Amazon

Buku pertama yang berhasil terjual di Amazon adalah buku ciptaan Douglas Hofstadter berjudul "Fluid Concepts and Creative Analogies: Computer Models of the Fundamental Mechanisms of Thought" pada awal tahun didirikannya website ini atau tahun 1995.

14. Pesan Skype Pertama

Pada saat masa pengembangan dan penyempurnaannya, pesan pertama yang dikirimkan menggunakan layanan pengiriman pesan Skype bertuliskan "Tere, kas sa kuuled mind?" atau "Hello, can you hear me?". Pesan tersebut dikirimkan oleh seorang pengembangnya pada bulan April 2003 silam di Estonia.

15. Penggunaan Webcam Pertama

Webcam adalah sebuah video camera yang menampilkan tampilan dalam waktu sesungguhnya dengan cara streaming menggunakan jaringan komputer dan internet. Ide awal webcam sendiri berawal pada tahun 1991 dan dikembangkan sampai akhirnya terhubung dengan internet sejak bulan November 1993 oleh Daniel Gordon dan Martyn Johnson. Gambar pertama yang muncul dengan menggunakan webcam adalah sebuah toples kopi yang dinamakan Trojam Room. Nama tersebut diambil karena toples kopi itu terletak di sebuah koridor.

16. Tweet Pertama

Tweet pertama di Twitter yang sampai sekarang masih ada adalah milik Jack Dorsey selaku pemilik ide terciptanya Twitter. Tweetnya yang diunggah pada tanggal 21 Maret 2006 dengan tulisan "just setting up my twttr" tersebut sampai sekarang sudah di-retweet sebanyak 35 ribu kali. Tulisan twttr di tweetnya tersebut bukanlah typo karena memang di awal pembuatannya, Twitter terinspirasi pada Flickr.

17. Video You Tube Pertama

Siapa sangka YouTube akan sebegitu terkenalnya setelah diakuisisi Google beberapa tahun lalu itu. Video pertama yang diunggah di YouTube adalah pada tanggal 23 April 2005 dengan menampilan Jawed Karim, salah satu pendiri YouTube, dengan judul "Me at the zoo" yang sampai sekarang masih ada. Dia merekam video tersebut di sebuah kebun binatang di San Diego. Sampai sekarang, video tersebut sudah ditonton sebanyak 1,5 juta lebih dan terus bertambah.

18. Akun Facebook Pertama

Anggota pertama di Facebook tentu saja adalah Mark Zuckerberg selaku salah seorang pendiri jejaring sosial yang tumbuh menjadi raksasa sekarang ini. Nomor ID Zuck di Facebook adalah bernomor urut 4, karena 3 nomor urut pertama adalah miliknya juga yang digunakan sebagai percobaan.

19. Foto Instagram Pertama

Pada bulan Oktober 2010, Kevin Systrom, CEO sekaligus pendiri Instagram meluncurkan jejaring sosial yang kini sudah menjadi bagian dari Facebook ini. Foto pertama yang diunggah dan muncul menggunakan aplikasi Instagram adalah seekor anjing yang sampai sekarang belum diketahui siapa pemiliknya dan siapa namanya. Kaki yang nampak di foto tersebut adalah milik kekasih Systrom.

1 comments:

Terima kasih atas komentar Anda

http://chaerudinkokom.blogspot.com/

Balas

Punya tanggapan atas artikel diatas? Silahkan sampaikan melalui kolom komentar dibawah ini. Harap tidak memberikan komentar dengan kata-kata yang kasar, mengandung pornografi, atau mengandung unsur SARA.

Terimakasih untuk komentar yang Anda berikan.
Emoticons List

 
Copyright © 2014. Bee Inspired - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by Bee Inspired
Proudly powered by Blogger