Makna Filosofis Dibalik Perkalian Plus Dan Minus

Diposkan oleh Bee Inspired pada Thursday, July 17, 2014 - 7:12 AM

Pernahkah kita bertanya atau berfikir tentang sifat perkalian plus dan minus dalam matematika? Dalam matematika, jika plus dikalikan dengan plus maka hasilnya adalah plus, jika minus dikalikan minus maka hasilnya adalah plus, dan jika minus dikalikan plus atau sebaliknya plus dikalikan minus maka hasilnya adalah minus. Ternyata selain sekedar rumus, perkalian matematika ini juga menyimpan makana yang filosofis. Rusmus yang terlihat singkat dan sederhana ini menyimpan ajaran yang mendalam tentang kebenaran.
Untuk mengungkap makna filosofis dari rumus ini, maka kita akan mengganti lambang plus dengan benar dan lambang minus dengan salah. Jika kemudian kita masukkan ke dalam rumus, maka kita akan mendapatkan pelajaran seperti ini:

1. + x + = + diubah menjadi benar dikali benar sama dengan benar. Makna dari rumus ini adalah mengatakan benar terhadap sesutu yang benar adalah tindakan yang benar.

2. - x + = - diubah menjadi salah dikali benar sama dengan salah. Makna dari rumus ini adalah mengatakan salah terhadap sesuatu yang benar adalah tindakan yang salah.

3. + x - = - diubah menjadi benar dikali salah sama dengan salah. Makna dari rumus ini adalah mengatakan benar terhadap sesuatu yang salah adalah tindakan yang salah.

4. - x - = + diubah menjadi salah dikali salah sama dengan benar. Makna dari rumus ini adalah mengatakan salah terhadap sesuatu yang salah adalah tindakan yang benar.

Entah apakah rumus metematika dalam perkalian plus dan minus ini benar-benar dibuat berdasarkan logika seperti itu atau semua itu hanyalah sebuah kebetulan. Tapi yang pasti, sebuah rumus matematika sederhana telah membantu kita memaknai kehidupan dengan lebih baik.

Punya tanggapan atas artikel diatas? Silahkan sampaikan melalui kolom komentar dibawah ini. Harap tidak memberikan komentar dengan kata-kata yang kasar, mengandung pornografi, atau mengandung unsur SARA.

Terimakasih untuk komentar yang Anda berikan.
Emoticons List

 
Copyright © 2014. Bee Inspired - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by Bee Inspired
Proudly powered by Blogger